CARTOON 4 KIDS

Tuesday, November 17, 2015

D UNTUK DEWASA

Untuk artikel ini diharapkan Sobat Kartun memang punya cara pandang dewasa karena topiknya yang bersifat dewasa. Semoga Sobat Kartun juga menjadi dewasa dalam memilih kartun untuk anak-anak. Terima kasih

Apakah Sobat Kartun pernah memerhatikan klasifikasi tayangan televisi untuk dewasa? Dalam tayangan berkategori dewasa, kontennya berisikan tentang kejadian kriminal, politik, action, horor, ataupun hal-hal yang berbau seksual. Seperti ketika Sobat Kartun menonton film Bourne Ultimatum yang pernah ditayangkan di salah satu televisi swasta, kategori yang digunakan adalah D. Penempatan jam tayang untuk dewasa juga berbeda dengan yang SU, A maupun R.

Apabila anak-anak dan remaja ditempatkan ada yang pagi, siang, ataupun sore, tayangan untuk dewasa ditempatkan di malam hari mulai dari pukul 22.00 hingga dini hari. Penempatan tayangan tersebut ditujukan agar anak-anak tidak menonton tayangan yang tidak seharusnya ditonton. Tidak hanya dari tayangan saja, iklan yang muncul pada malam hari juga disesuaikan dengan target audiencenya. Karena target audiencenya adalah orang dewasa, maka iklan yang muncul adalah iklan rokok ataupun kondom.

Perfect Blue adalah salah satu film animasi yang diklasifikasikan untuk dewasa


Lalu apa kaitannya dengan kartun? Meskipun masih jarang di televisi swasta Indonesia, namun perlu diketahui bahwa adapun kartun yang ditujukan untuk kategori dewasa. Salah satunya seperti film animasi berjudul Perfect Blue. Film tersebut menceritakan tentang seorang personel girl band yang memutuskan untuk menjadi pemain film, namun segalanya berubah ketika tidak sejalan dengan apa yang ia kehendaki. Walau dalam bentuk animasi, adegan-adegan yang ditampilkan memang bukanlah ditujukan untuk anak-anak karena banyaknya cuplikan yang menampilkan adegan seksual ataupun pembunuhan.

Family Guy dikategorikan sebagai serial animasi untuk dewasa menurut tvguide.com


Menurut portal berita tvguide.com, dikatakan bahwa tayangan TV kabel seperti American Dad, Family GuyThe Boondocks, dan lainnya merupakan tayangan animasi yang dikhususkan untuk dewasa. Sehingga orang tua perlu memastikan apakah mereka sudah  memilih kartun yang tepat untuk anak-anak, agar anak-anak tidak salah menonton hingga akhirnya meniru apa yang dilihat dalam tayangan tersebut. Tidak hanya itu juga, ada baiknya untuk mengatur jam tidur anak agar ia tidak tergoda untuk menonton tayangan tengah malam. Ketika anak dibiasakan untuk tidur lebih awal, tontonan yang mereka tahu adalah tontonan yang memang dikhususkan untuk mereka. Mungkin sebagian orang berpendapat tidak masalah apabila anak-anak menonton kartun dewasa, karena anak-anak belum memahami kontennya. Akan tetapi penuturan anak akan tercermin tidak hanya dari serapan isi yang ditontonnya saja, melainkan dari bagaimana anak berbicara, berperilaku, dan cara pandang seperti apa yang ia tonton. Di suatu wilayah di Amerika, seorang anak kedapatan menembak asisten rumah tangga di rumahnya dengan menggunakan senjata api karena menonton tayangan Robocop. Apakah anak tersebut dapat disalahkan? Atau tayangan Robocopnya yang disalahkan? Tidak sedikit anak yang penasaran dengan tayangan mistis, namun ketika mereka menontonnya, akhirnya timbul rasa paranoid dan membuat anak menjadi imajinatif terhadap tayangan mistis yang ditontonnya. 


Apabila anak menonton tayangan kategori D, dapat membawa dampak bagi anak secara moral. Pergeseran moral tersebut akan membuat anak dewasa terlalu dini. Munculnya beberapa tayangan sinetron yang tidak memiliki nilai edukasi sudah cukup membuat banyak anak-anak memiliki cara pandang yang ditampilkan oleh tayangan sinetron tersebut, apabila dengan menonton tayangan dewasa. Hal ini perlu dijadikan bahan pertimbangan bagi Sobat Kartun untuk lebih cermat memilah tayangan kartun yang dinilai adalah berkategori dewasa. 

Selamat menonton, Sobat Kartun!




Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates