CARTOON 4 KIDS

Monday, November 16, 2015

KUCING BULAT PEMAKAN DORAYAKI YANG DISUKAI SEMUA ORANG


Masih betah untuk membaca artikel-artikel bertajuk kartun? Bila kalian minat, tetaplah membaca karena masih ada banyak lagi yang akan dijelaskan dalam blog ini. Ingin tahu? Tetaplah membaca!

"Semua, semua, semua dapat dikabulkan. Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib."


Doraemon adalah sebuah serial manga dan animasi Jepang yang digarap oleh Tsutomu Shibayama (untuk kartun) dan Fujimoto Hiroshi dengan Abiko Motoo (untuk manga) yang sampai saat ini masih dikenal oleh seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejak tahun 90an, Doraemon tetap ada menjadi tontonan anak-anak, bahkan hingga mereka sudah beranjak dewasa, mereka masih merasa senang untuk menonton Doraemon. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, Doraemon merupakah salah satu kartun dengan klasifikasi SU yang mana orang dewasa pun bisa ikut nonton bersama anak mereka. Doraemon sendiri punya daya tarik yang unik sehingga membuat anak-anak yang menonton senang atau bahkan terharu ketika menonton serialnya. Tidak hanya itu, karakter Doraemon yang adalah kucing bertubuh gempal berwarna biru membuat orang-orang yang menonton dibuat gemas olehnya. 

Apa yang bisa kita pelajari dari serial Doraemon?


Ada banyak hal yang bisa Sobat Kartun pelajari dari Doraemon. Di tiap serialnya. ia selalu mengeluarkan barang ajaib nan canggihnya untuk mewujudkan keperluan Nobita. Namun, tiap kecerobohan yang dibuat Nobita karena sembarang menggunakan alat ajaib tersebut, Doraemon selalu dengan setia mengingatkan Nobita untuk mengoptimalkan apa yang sudah ia miliki sehingga dapat ia kembangkan. Di beberapa filmnya, Doraemon juga yang membangkitkan semangat Nobita dan kawan-kawan untuk melawan kejahatan atau membuat perubahan agar tidak terus menerus terpuruk. Doraemon juga dinilai sebagai sesosok sahabat yang setia pada Nobita, seberapapun Nobita melakukan kesalahan, Doraemon selalu membuka hatinya untuk memaafkan Nobita dan mengingatkan Nobita untuk menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya. Tidak hanya dari sisi humanisnya (walaupun Doraemon berwujud kucing), Doraemon juga banyak akal dalam mengambil suatu keputusan. Salah satunya ada dalam film Doraemon: Nobita in the Robot Kingdom yang mana ia harus melawan robot ukuran raksasa tanpa ada kantong ajaibnya. 

 Salah satu adegan film Doraemon : Stand by Me yang menunjukkan sikap empati Doraemon kepada Nobita yang sedang sedih.

Di tiap-tiap tokohnya, serial Doraemon memiliki karakter yang unik dan dapat mengedukasi anak lewat memperkenalkan tokoh tersebut. Sebut saja salah satu tokoh tersebut Nobi Nobita. Nobi Nobita yang kita ketahui secara umum adalah dia anak yang malas dan banyak mengeluh. Menurut animator dari Nobi Nobita yaitu Fujimoto, pada dasarnya Nobita sebenarnya bukan tidak bisa berbuat apa-apa, ia hanya malas jika harus bersungguh-sungguh ketika melakukan sesuatu, sehigga setiap hari ia selalu bersantai-santai. Tapi kalau memang diperlukan, ia bisa melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Dibalik belajar hal buruk dari Nobita, Sobat Kartun juga bisa belajar hal baik dari Nobita seperti dalam film Doraemon: Nobita and the Legend of the Sun King, ia menunjukkan bahwa sebagai manusia haruslah menghargai satu sama lain tanpa memandang adanya perbedaan status yang melekat. Tidak hanya itu, Nobita sangat menghargai adanya persahabatan. Terutama persahabatannya dengan Doraemon. Walaupun terkesan ia hanya membutuhkan Doraemon untuk meminta alat canggihnya, namun sebenarnya ia sangat peduli terhadap Doraemon dalam hal apapun.

Selain Nobita, Sobat Kartun juga dapat belajar dari teman-teman Nobita yaitu ; Shizuka, Gian, dan Suneo. Seperti yang Sobat Kartun ketahui Shizuka adalah teman sekelas Nobita. Shizuka anak yang periang, pintar, baik hati, dan juga dia yang sering membela Nobita apabila diganggu oleh Suneo dan Gian. Tidak hanya sering membela Nobita yang suka di bully oleh teman-teman lainnya, Shizuka bahkan memberikan semangat kepada Nobita untuk melakukan sesuatu lebih baik walau terkadang tidak berhasil. Selain Shizuka, Gian dan Suneo juga dapat memberikan pelajaran bagi Sobat Kartun untuk tidak selalu mengejek seseorang  hanya karena orang tersebut tidak dapat melakukan sesuatu. Tidak hanya itu, namun mereka juga mengajarkan Sobat Kartun untuk menjadi pribadi yang setia kawan 

Di tiap serial animasi, banyak terkandung pembelajaran yang dapat membantu anak untuk menumbuhkan rasa empati ataupun memperoleh ide. Seperti serial Doraemon yang memiliki banyak pembelajaran dan dapat membantu anak-anak untuk berempati seperti Doraemon, menghargai orang lain seperti Nobita, pintar seperti Shizuka serta setia kawan seperti Gian dan Suneo. Sehingga ketika anak menonton Doraemon, mereka dapat mengatakan "Aku ingin pintar seperti Shizuka, maka itu aku akan rajin belajar" atau "Aku ingin seperti Doraemon yang memiliki kantong ajaib,  kalau sudah besar nanti aku ingin menjadi ilmuwan." 





Selamat menonton, Sobat Kartun! 



 
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates