CARTOON 4 KIDS

Tuesday, January 5, 2016

YANG DULU ADA, KINI TIADA

Apakah Sobat Kartun merupakan anak-anak era 90an? Jika ya, maka postingan ini akan membuat kalian bernostalgia sejenak sama seperti postingan tentang perkembangan kartun dari masa ke masa. Mari kita lihat, terus scroll ke bawah! 



Salah satu tayangan anak-anak yang pernah ada di televisi Indonesia adalah Sesame Street. Pada awalnya Sesame Street tayang di TVRI sekitar tahun 1975 hingga 1990an, kemudian berpindah tayang ke RCTI dan SCTV. Acara tiap pagi ini sangat menarik perhatian anak pada masa itu. Tidak hanya mendapat hiburan dari tokoh-tokohnya yang lucu, namun juga di tiap segmennya, tokoh-tokoh tersebut memberi pembelajaran yang berguna dan dapat diingat hingga sekarang. 

Terhitung pada tahun 2014, Sesame Street meraih 159 Emmy Awards dan merupakan penghargaan terbanyak untuk tayangan edukasi anak-anak dibandingkan tayangan serupa lainnya.  



Yang ini pernah di bahas pada topik yang lalu-lalu secara singkat, yakni ; Bananas in Pyjamas. Tayangan yang pernah muncul di RCTI ini terinspirasi dari lagu seseorang bernama Carey Blyton pada tahun 1967. Karakter dari Bananas in Pyjamas ini adalah B1 dan B2, yang mana para aktor yang memainkan tokoh-tokoh tersebut menggunakan kostum, sehingga memberi kesan hidup pada karakter yang dimainkan. 


Bananas in Pyjamas sendiri sudah mencapai 6 series dari tahun 1992 hingga 2001, juga terdapat serial spesial dan serial CGI sebanyak 2 musim. Bananas in Pyjamas masuk daftar nominasi di beberapa penghargaan seperti Most Popular Children's Program, Best Children's Album, dan Best Original Cast. 


Masih ingat dengan tagline "Berpelukan" ? 




Bila kalian masih ingat, berarti kalian pernah menonton acara dengan tokoh 4 anak-anak yang berkostum merah, kuning, hijau, dan ungu yaitu ; Teletubbies. 


Tayangan yang pernah disiarkan oleh Indosiar ini merupakan suatu tayangan anak-anak yang masih balita. Teletubbies ini sendiri memiliki beberapa tokoh seperti Tinky Winky, Dipsy, Laa-Laa, dan Po. Diikuti dengan tokoh seperti Noo-Noo yaitu alat bersih-bersih yang juga menjaga teletubbies. 

Serial Teletubbies ini membantu anak untuk mengenal dunia sekitar. Baik dari mengenal binatang, tumbuhan, atau bahkan matematika. Namun sangat disayangkan tayangan ini sudah tidak muncul lagi di Indonesia. 

Ada juga beberapa kartun yang tidak kembali tayang di layar kaca Indonesia saat ini. Misalnya seperti kartun Captain Tsubasa ataupun Honey Bee Hutch (yang mungkin karena terlalu lawas keberadaannya). Namun tentu anak-anak senang untuk menantikan tayangan-tayangan yang baru dan juga menghibur seperti Rabbids Invasions, Boboiboy, Marvel's Ultimate Series, dan sebagainya. 

Selamat Menonton, Sobat Kartun! 






Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates