CARTOON 4 KIDS

Friday, January 1, 2016

SELAIN KARTUN, ADA...

Sobat Kartun masih betah membaca blog ini? Terusnya membaca bila memang masih ingin lebih tahu tentang tayangan-tayangan yang berkaitan dengan kartun.


Anak terkadang memiliki kecenderungan untuk bosan terhadap beberapa tayangan kartun. Terutama bila tayangan tersebut pernah diputar ulang oleh televisi. Ada beberapa alternatif bagi Sobat Kartun bila ingin menonton tayangan mendidik dan menghibur anak-anak.





Laptop si Unyil hadir tiap Senin-Jumat pkl 13.15 di TRANS7


Yang pertama adalah Laptop Si Unyil. Program tersebut merupakan tayangan yang menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Tayangan ini hampir serupa dengan Buku Harian si Unyil yang membahas mengenai tempat wisata serta mengenal permainan yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu, atau yang bersifat menghibur tapi tetap mendidik.

Tayangan ini membantu anak untuk mengenal sesuatu lebih dalam terutama yang berkaitan dengan teknologi ataupun produk yang sering dikenal oleh anak. Laptop si Unyil tidak hanya memberi kesan edukasi kepada Sobat Kartun saja, namun juga memberi hiburan lewat cuplikan animasi ataupun alur cerita Unyil dengan tokoh-tokoh lain seperti Pak Ogah ataupun Usro.

Yang kedua adalah BOLANG, atau lebih akrab dikenal dengan Bocah Petualang. Bertemakan alam, Sobat Kartun diajak untuk mengenal alam lebih dekat dan bagaimana keseharian Bolang sebagai anak yang gemar berpetualang dan dekat dengan alam. Lewat tayangan BOLANG, anak diajak untuk tidak takut bermain dengan alam, namun anak belajar bahwa mereka hidup berdampingan dengan alam, dan lewat tayangan ini, anak-anak dapat memahami bahwa mengenal alam adalah hal yang seru dan menarik. Tidak hanya belajar tentang alam, namun juga mengenal budaya di Indonesia yang beraneka ragam. Mengingat bahwa budaya Indonesia sedikit demi sedikit mulai tidak dikenal oleh banyak anak-anak yang cenderung mengedepankan kecanggihan teknologi dalam kehidupan mereka.

 BOLANG tayang tiap Senin-Jumat pkl 13.45 di TRANS7


BOLANG menawarkan kepada anak-anak bahwa mengenal Indonesia sangatlah menyenangkan, terutama mengenal kebudayaannya. Terutama lewat tayangan televisi, di mana anak cenderung lebih senang dan mudah memahami apa yang disampaikan.



Indonesia Bagus hadir tiap Sabtu pkl 13.30 di NET. TV


Selain BOLANG dan Laptop si Unyil, adapun acara yang menyajikan bentangan alam yang indah di Indonesia seperti Indonesia Bagus. Yang membuat berbeda adalah tampilannya disampaikan oleh narasumber yang tinggal di daerah yang dibahas. Indonesia Bagus menampilkan seluk beluk budaya yang dimiliki tiap suku di Indonesia. Mulai dari makanan, tempat wisata, kebiasaan hingga busana yang dikenakan tiap warganya. Tentunya acara ini masih dalam bimbingan orang tua, sehingga anak bisa bertanya kepada bapak/ibunya apa yang mereka tidak mengerti tentang apa yang dibahas dalam tayangan tersebut.



Dunia Hand Made tayang tiap Sabtu & Minggu pkl 10.30 di Global TV


Bila ingin membuat anak-anak lebih kreatif, mungkin tayangan Dunia Hand Made bisa membantu. Tayangan tersebut merupakan suatu program TV yang dapat membantu anak untuk lebih bisa menciptakan kreasinya sendiri dengan barang-barang yang ada di sekitarnya. Mengingat bahwa saat-saat ini banyak anak yang lebih gemar untuk bermain gadget dibandingkan berkreasi membuat sesuatu. Lewat tayangan ini, anak-anak dapat diharapkan untuk memiliki pola pikir kreatif dan termotivasi untuk membuat sesuatu yang unik dan bermanfaat. Walaupun dengan menggunakan barang bekas, justru anak menjadi terpacu untuk mengenal konsep penghijauan atau penghematan.


Children of the World hadir tiap Sabtu pkl 13.30 di DaAi TV


Adapun sebuah tayangan yang dapat membantu anak untuk belajar memahami kondisi yang ada di dunia sekitar. Program tersebut adalah Children of the World. Tayangan ini membahas tentang kehidupan tiap-tiap yang anak memiliki kekurangan baik secara ekonomi maupun psikis. Anak-anak yang menjadi pokok bahasan dalam acara tersebut merupakan anak-anak yang mampu mengerjakan segala sesuatu di luar yang dilakukan oleh anak-anak lain. ketika anak-anak lain dapat bermain Plants VS Zombies atau bahkan mainan lain, anak-anak ini harus merawat orang tua mereka yang sakit atau cacat. Mereka bahkan harus bekerja untuk menghidupi kehidupan keluarganya sendirian, dan tinggal di pegunungan atau di desa yang terpencil, namun tak sedikit juga yang tinggal di tengah perkotaan. Acara yang dipandu oleh 3 orang anak dan seorang guru ini,  menyampaikan hal-hal yang terkait dengan tayangan yang diputar. Tentang pelajaran apa yang bisa diambil dengan adanya cuplikan anak-anak yang ada di dunia. Lewat tayangan ini anak juga bisa belajar menjadi sosok pribadi yang empati kepada orang lain dan hidup berlandaskan welas asih. Tentunya dengan dampingan orang tua, anak-anak lebih termotivasi untuk bisa belajar menjadi tokoh yang ditayangkan dalam program tersebut.


Rumah Dongeng tayang tiap hari Selasa pkl 13.30 dan
 ditayang ulang pada hari Selasa pkl 07.00 di DaAi TV


Acara menarik lainnya adalah Rumah Dongeng. Di mana acara ini menyajikan cerita-cerita ilustrasi yang menarik untuk anak lewat pertunjukan boneka binatang. tidak hanya boneka binatang yang ditampilkan lucu dan menarik, namun cerita yang disampaikan dapat membantu anak untuk belajar mengenal sebab akibat dari sesuatu yang mereka lakukan. 

Begitu banyak acara televisi, namun sedikit yang dapat menjadi pilihan bagi anak-anak untuk bisa ditonton. Beruntungnya masih ada beberapa alternatif seperti tayangan di atas. Semoga lewat tayangan-tayangan yang telah disampaikan di atas, dapat membantu Sobat Kartun untuk memilih tayangan yang baik untuk anak. 




Selamat Menonton, Sobat Kartun! 







Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates